Beberapa hari lagi kita bersama-sama merayakan pesta demokrasi. Pemilihan umum adalah cara terbaik untuk memilih mereka yang pantas menjadi pelaksana dan pengawas kekuasaan disebuah negara demokrasi.

Negara dengan sistem demokrasi yang baik menjadikan nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan martabat  kehidupan dapat terwujud dengan baik pula. Hal itu membutuhkan partisipasi dari semua warga negara untuk terlibat aktif dalam menjalankan, mengelola, serta mengawasi proses demokrasi itu.

Merayakan pesta demokrasi kita bersama pada tanggal 17 April 2019 mendatang Komisi Keadilan dan Perdamaian serta  Keutuhan Ciptaan, Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan serta Penghubung Karya Kerasulan Kemasyarakatan Keuskupan Agung Semarang  mendorong :

  1. Umat untuk menggunakan hak pilihnya dengan serta turut terlibat aktif  dalam pelaksanaan pemilu.
  2. Umat diimbau tidak menggunakan atribut yang menimbulkan kesan provokatif, agar terjaga suasana kondusif (topi, kaos, dan atribut lain).
  3. Umat, khususnya Orang Muda Katolik, dapat mendampingi para orang tua yang mengalami kesulitan untuk menggunakan hak pilih mereka dengan menjemput, menemani, dan mengantar kembali setelah mereka menggunakan hak pilihnya, atau dapat turut menjadi saksi saat penghitungan suara di TPS masing masing.
  4. Umat dapat turut memantau dan menciptakan kondisi keamanan dan perdamaian di lingkungan sekitar. Bila ada hal mencurigakan dapat melaporkan pada Pengawas di tingkat TPS/ Desa/ Kecamatan sebagai perpanjangan tangan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
  5. Pamong Lingkungan memanfaatkan pertemuan APP terakhir, atau dapat menentukan waktu khusus sebagai sarana pendidikan politik bagi umat terkait teknik memilih di TPS dan informasi lain yang dibutuhkan untuk menyukseskan pemilu. Pertemuan tersebut dapat juga digunakan untuk memastikan semua umat yang telah mempunyai hak pilih untuk menggunakan haknya. Jika memungkinkan, pastikan warga yang bukan katolik juga diminta untuk menggunakan hak pilihnya. Dalam pertemuan itu Pamong Lingkungan dapat memberi tugas dan mengoordinasi umat untuk melakukan seperti yang dituliskan pada point 3 dan 4 di atas. 

Demikian himbauan kami. Semoga di waktu yang tinggal beberapa hari ini, bahkan di sela kesibukan mempersiapkan Pekan Suci, kita dapat membagikan berkat kebaikan bagi Indonesia kita. Semoga Tuhan memberkati langkah nyata kita.  

Yogyakarta, 8 April 2019

Rm FX. Endra Wijayanta, Pr (KKPKC)

Rm R. Sugihartanto, Pr (PK4AS)

Rm Didik Cahyono, SJ (HAK)

Catatan:

Kami mohon Romo berkenan untuk membagikan Surat Himbauan ini pada para Ketua Lingkungan di Paroki Anda. Semoga dapat ditindak lanjuti di tingkat Lingkungan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *