Lima tahun yang lalu, Paus Fransiskus mengeluarkan ensiklik beliau yang kedua, yang mengingatkan dan menyerukan kepada kita semua panggilan untuk kembali merawat dan memulihkan bumi sebagai rumah kita bersama.

Laudato Si adalah ensiklik besar yang menempatkan lingkungan hidup sebagai tantangan utamanya. Laudato Si adalah jawaban yang akan mewujud bila seluruh Gereja dan semua orang yang berkehendak baik bersedia terlibat dalam gerakan bersama memperjuangkan semangat ensiklik ini. Usia lima tahun Ensiklik Laudato Si bisa bermakna ganda, ia terlalu singkat untuk usia sebuah kebijakan mengakar dan membumi  di tengah tengah 1,3 milyar umat Katolik apalagi 7,6 milyar di dunia, sementara di sisi lain waktu lima tahun terlalu panjang untuk kerusakan alam yang berlangsung dengan cepatnya.

Menyadari perlunya pembumian dan percepatan penerapan Laudato Si, Dicastery for Promoting Integral Human Development (Dicastery untuk Mempromosikan Pembangunan Manusia Integral) Vatikan,  mengembangkan program strategis berupa Tahun Peringatan Khusus Laudato Si, yang mulai berlangsung pada 24 Mei 2020 hingga 24 Mei 2021, yang diawali dengan Pekan Laudato Si (16-24 Mei 2020) dan diikuti dengan Doa bersama untuk bumi dan untuk kemanusiaan, pada tanggal 24 Mei 2020.

Tujuan strategis tahun peringatan Laudato Si adalah untuk mendorong pertobatan ekologis menjadi tindakan kongkrit bagi keutuhan ciptaan. Dicsatery menyebut Tahun Peringatan Khusus Laudato Si sebagai inisiatif terbuka, dengan daftar aktivitas yang masih terbuka bagi siapa saja yang ingin turut berkontribusi di dalamnya. Gereja mengundang siapa saja untuk terlibat aktif di dalamnya, terlebih mengingat urgensi kerusakan bumi yang menuntut kita semua untuk bergerak segera, menyeluruh, dan bersatu di semua lini mulai dari lokal hingga internasional. Sebuah upaya bersama untuk mewujudkan dunia yang saling merawat, damai, bersaudara, dan berkelanjutan.  Bapa Suci dalam Laudato Si no. 14 sudah menggarisbawahi ajakan ini : Kita semua dapat bekerjasama sebagai perkakas Tuhan untuk perawatan ciptaan, selaras dengan kebudayaan, pengalaman, keterlibatan, dan bakat kita masing-masing. Gereja, “di atas semuanya, lebih membutuhkan “gerakan rakyat” dari bawah, sebuah persekutuan semua orang yang berkehendak baik.” Demikian paparan dalam panduan Laudato Si’ Special Anniversary Year, 24 May 2020 – 24 May 2021 yang diterbitkan Dicastery for Promoting Integral Human Development.

Agenda Tahun Peringatan Khusus Laudato Si

Berikut adalah rangkaian agenda Tahun Peringatan Khusus Laudato Si :

  • Juni 2020, dikeluarkannya naskah antardikasterial dengan panduan operasional untuk laudato Si.
  • 18 Juni 2020, Webinar lima tahun peluncuran Ensiklik, bertema : Laudato Si : Penilaian dan Perjalanan Masa Depan
  • 1 September- 4 Oktober : Season of Creation
  • Musim gugur 2020, Seri webinar Pemaparan Dicastery melalui lensa Laudato Si
  • 15 Oktober 2020, Menemukan kembali aliansi pendidikan global
  • 21 November 2020, Pertemuan Ekonomi Fransiskus
  • 26-29 Januari 2021 Pertemuan Meja Bundar Ketiga antar Vatikan-World Economic Forum, Davos
  • Awal musim Semi, Pertemuan Pemimpin-pemimpin religius (dalam pengajuan)
  • Perayaan Penutupan Tahun Peringatan Khusus Laudato Si, terdiri dari :
    • 20-22 Mei 2021, Konferensi Peringatan Khusus
    • Laudate Musical Piece, bersama koor kaum muda sedunia
    • Penganugerahan Laudato Si Award
    • Peluncuran Platform Aksi Multiyear Laudato Si

Platform Aksi Multiyear Laudato Si

Platform Aksi Multiyear Laudato Si sendiri adalah program implementasi Laudato Si yang akan berlangsung selama tujuh tahun, sebagai upaya mewujudkan “ekologi integral”. Ekonomi Integral adalah gagasan yang disampaikan Paus Fransiskus di bab keempat Laudato Si. Bapa Suci menegaskan perlunya pendekatan komprehensif yang mengintegrasikan lingkungan secara utuh sebagai landasan hidup sosial, ekonomi, budaya, hingga praktik hidup sehari-hari. Pendekatan yang mengintegrasikan keadilan ekologis, kesejahteraan umum, hingga keadilan lintas generasi. Bagi beliau, “tidak ada dua krisis terpisah, yang satu menyangkut lingkungan dan yang lain sosial, tetapi satu kriris sosial-lingkungan yang kompleks (LS 139).

Platform Aksi Multiyear Laudato Si adalah inisiatif untuk mengembangkan praktik-praktik ekologi integral itu ke dalam berbagai lini. Platform ini terutama ditujukan ke 7 lini inti dalam Gereja, dan selama tujuh tahun menemani, memandu, dan membimbing lini-lini inti Gereja Universal ini agar mampu membangun hidup yang sungguh ekologis. Lini yang menjadi sasaran platform ini adalah :

  1. Keluarga Laudato Si: (Keluarga memulai perjalanan 7 tahun menuju ekologi integral),
  2. Keuskupan Laudato Si ‘: (Keuskupan/Paroki memulai perjalanan 7 tahun menuju ekologi integral),
  3. Sekolah Laudato Si: (Sekolah memulai perjalanan 7 tahun menuju ekologi integral),
  4. Universitas Laudato Si: (Universitas/Kolese memulai perjalanan 7 tahun menuju ekologi integral),
  5. Rumah Sakit/Pusat Perawatan Kesehatan Laudato Si: (Rumah Sakit / Pusat Perawatan Kesehatan memulai perjalanan 7 tahun menuju ekologi integral),
  6. Bisnis, Pertanian, dll . Laudato Si: (Bisnis, Pertanian, dan lain-lain memulai perjalanan 7 tahun menuju ekologi integral),
  7. Ordo Religius Laudato Si: (Ordo Religius/Provinsi memulai perjalanan 7 tahun menuju ekologi integral).

Melalui Platform Aksi Multiyear Laudato Si dengan ekologi integral sebagai intinya, Gereja ingin berjuang untuk menjadi masyarakat masa depan, masyarakat yang berintegritas ekologis, yang tidak hanya bersendikan keberlanjutan (sustainabilitas) sebagai prinsip dasarnya, melainkan juga memulihkan persaudaraan ekologis segenap ciptaan dan memulihkan kembali martabat segenap ciptaan sebagai wajah kasih Allah yang sejati.

Detail Tahun Peringatan Khusus Laudato Si dan Platform Aksi Multiyear Laudato Si dapat Anda lihat di sini.

Yogyakarta, 24 Mei 2020

Cyprianus Lilik K. P.

Dicastery adalah departemen/kementerian Kuria Roma, administrasi Tahta Suci yang melaluinya Paus mengarahkan Gereja Katolik Roma.Vatikan,  

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *