Rapat Pertanggungjawaban dan Pemilihan Ketua Komisi Regio Jawa

Pandemi boleh beraksi, tetapi karya keadilan dan kemanusiaan tak boleh mati.

Keuskupan Agung Semarang kembali mendapat kehormatan dengan dipilihnya Romo Endra Wijayanta, Pr sebagai Ketua Komisi Keadilan, Perdamaian dan Pastoral Migran Perantau (KKP PMP) Regio Jawa untuk masa bakti 2020-2023.

Pada 10 September 2020 KKP PMP Regio Jawa menyelenggarakan rapat kerja regio dengan memanfaatkan platform pertemuan digital Zoom. Pertemuan ini dihadiri oleh Sekretaris eksekutif KKP PMP KWI Romo Eko Aldi, O Carm, Komisi KKP keuskupan, dan kongregasi se Regio Jawa dengan dua agenda utama, laporan pertanggungjawaban pengurus Komisi Regio Jawa masa bakti 2017-2020 dan pemilihan ketua regio yang baru.

Kegiatan rutin KKP PMP – JPIC Regio Jawa diadakan 2 kali dalam setahun dalam bentuk Hari Studi, sebagai upaya pembekalan dan inspirasi untuk aksi di masing-masing keuskupan/komunitas/regio) serta Rekoleksi untuk merefleksikan aksi yang telah dan sedang diupayakan di masing-masing keuskupan/komunitas/regio.

Program KKP PMP Regio Jawa 2017-2020

Studi bersama Nota Pastoral 2017 Komisi KPKC Regio Jawa bertema “Gerakan Anti Korupsi“ berlangsung di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti dengan Rencana Tindak Lanjut untuk mensosialisasikan hasil hari studi dan mengadakan pelatihan gerakan anti korupsi di masing-masing Keuskupan, serta menginventaris isu-isu potensi korupsi baik internal maupun eksternal dan mendalaminya menuju proses transformatif.

Studi bersama Nota Pastoral 2018 Komisi KPKC Regio Jawa berlangsung di pertengahan 2018, dengan mengambil tema “Gereja Yang Berani Kotor, Memar dan Terluka”. Kegiatan ini bertempat di WIsma Pojok, Yogyakarta. Rencana Tindak Lanjut yang disepakati adalah mendorong penggunaan berbagai pendekatan sosial (sosiologis-antropologis), dalam upaya advokasi dan penyelesaian kasus sehingga menghadirkan kedamaian, mendorong masing-masing KKP-PMP Keuskupan dan JPIC Tarekat untuk bersinergi dan membangun aliansi strategis dengan pihak-pihak di luar Gereja, mendorong sinergitas kerja advokasi antar KKP-PMP Keuskupan dan JPIC Tarekat se-Regio Jawa dan rencana KKP-PMP dan JPIC Regio Jawa akan melakukan advokasi ekologis terhadap warga Kendeng, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti dengan Rekoleksi Komisi KPKC Regio Jawa  berpijak pada Nota Pastoral KWI tahun 2018 “Menjadi Gereja yang Relevan dan Signifikan” dengan bertempat di Panti Samadi, Klender, Jakarta pada awal 2019.

Pada pertengahan 2019 Rekoleksi dan Live In Komisi KPKC Regio Jawa mengambil tema “Air Sumber Kehidupan”. Kedua acara ini dirangkai menjadi satu rangkaian kegiatan yang berlangsung mulai Senin, 21 Oktober sampai dengan Jumat, 25 Oktober 2019. Acara ini didahului dengan live in di Desa Gabus  dan sekitarnya di Pati, Jawa Tengah. Acara ini diikuti Perwakilan KKP-PMP KWI, perwakilan KPKC 5 Keuskupan, dan perwakilan KPKC tarekat se-Regio Jawa.

Live ini dilanjutkan dengan rekoleksi yang bertempat di Rumah Retret Panjer Enjing  Jl. Tentara Pelajar, Gedanganak ,Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Rekoleksi didampingi oleh Rm. Kris Purwana SJ sebagai narasumber. Kegiatan ini diikuti dengan tekad bersama untuk belajar memahami situasi konkrit dan menanamkan semangat belarasa dengan tinggal bersama keluarga-keluarga terdampak, menumbuhkan kesadaran diri bahwa Gereja menjadi tanda dan sarana kehadiran Tuhan yang menyelamatkan bagi keutuhan ciptaan, membangun kebersamaan sebagai keluarga besar Gereja Katolik Regio Jawa dalam satu visi untuk mewartakan keadilan demi terwujudnya perdamaian, serta merespon maslaah krisis lingkungan hidup di kawasan Kendeng.

Program ini diikuti dengan Pendampingan Konservasi Air di Pati, Jawa Tengah, dengan pembuatan sumur bor untuk warga dan penyediaan mobil tangki air untuk paroki Pati. Pendampingan difokuskan di Dukuh Semak, Desa Wukirsari, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati dengan menggerakkan warga Stasi Gabus dan warga masyarakat terdampak untuk mencari dan menggali sumber air, mengawasi dan mengelola sumber air yang ada dengan instalasi pendukung, serta meningkatkan pengelolaan ekologi yang nanti dikembangkan menjadi sumber ekonomi warga setempat.

Sementara itu mengingat pandemi Covid-19, Hari Studi dengan bertema “Membangun Persaudaraan Manusia demi Perdamaian Dunia dan Hidup Berdampingan”. yang direncanakan pada bulan Juni 2020 di Keuskupan Malang terpaksa ditunda hingga kepengurusan berikutnya.

Pemilihan Ketua KKP PMP Regio Jawa

Usai pemaparan program oleh Romo Agis, O Carm dan laporan keuangan oleh Suster Marita, CB, rapat dilanjutkan dengan pemilihan ketua KKP PMP Regio Jawa yang baru. Setelah tarik ulur dan melalui berbagai pertimbangan, Keuskupan Agung Semarang mendapat kehormatan dengan dipilihnya Romo Endra Wijayanta, Pr sebagai ketua regio yang baru.

Romo Agis, O Carm yang telah dua kali menjabat sebagai ketua KKP PMP Regio Jawa mengajak seluruh peserta merefleksikan pesan Berkorban Bersama Kristus, dengan mengutip Injil Matius 14:15-16 :

Menjelang malam,  murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa.“

Tetapi Yesus berkata kepada mereka: “Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan.”

Cyprianus Lilik K.P.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *